≡ Menu

Database SQL Server tidak bisa di Attach

Wah stress deh gw 🙁

Ceritanya gini…dulu gw sempet ngerjain sistem keuangan di Lab Departemen Ekonomi FEUI dan gw pake SQL Server sebagai database servernya. Karena kontrak pekerjaan sudah selesai, maka jarang banged bahkan hampir tidak pernah lagi gw melihat kondisi terakhir aplikasi yang sudah gw kembangin itu. Dan kemaren gw datang kesana karena diminta tolong oleh orang keuangan yang mengoperasikan aplikasi keuangannya, dia bilang kalau aplikasi keuangannya tidak bisa konek kedatabase. Pas gw sudah kesana gw cek si databasenya dan ternyata dalam keadaan offline dengan keterang suspect “waduh kenapa sih ini ?” gw sedikit bertanya-tanya apa gerangan yang menyebabkan databasenya menjadi offline gini “hmmm…gw cek deh di SQL Server Log nya dan ternyata ada keterangan Error 9003: The LSN(9806:489:1)passed to log scan in database ‘keuangan’ is invalid walah error apa sih ini ???” gw semakin bingung karena gw baru pertama kali menghadipi error seperti ini.

Pikir gw “coba ahh cari google apa sih arti error ini, mudah-mudahan dapat solusinya” lalu gw googling dan menemukan beberapa kasus yang sama. Lalu gw browsing bagaimana cara mengatasinya. Satu persatu gw cobain dan sampai saat ini databasenya masih belom bisa diselamatkan.

“hikksss….gimana ini mana tidak ada backupnya :(” dan kebetulan waktu gw belom membuat maintainance plan untuk melakukan backup database jadi tidak ada data sedikitpun yang bisa di restore 🙁 …TOLOOONG

{ 3 comments… add one }

Leave a Comment