≡ Menu

Remote Desktop pada Linux dengan FreeNX

freeNXBagi pengguna sistem operasi windows sudah tidak asing lagi dengan istilah Remote Desktop yang berfungsi untuk mengakses sebuah komputer baik itu desktop maupun server secara remote.

Sekarang bagaimana ketika kita mempunyai sebuah komputer yang berisikan sistem operasi linux dapat di akses secara remote, dimana lazimnya sebuah komputer dengan OS linux terbiasa diakses melalui konsol atau CLI melalui protokol ssh.

Sebetulnya ada beberapa alternatif untuk melakukan remote akses terhadap komputer dengan sistem operasi linux, salah satunya dengan menggunakan VNC, tetapi menurut pengalaman saya sebuah VNC server cukup berat untuk diakses melalui internet apabila diakses dengan menggunakan koneksi internet yang terbatas.

Di sini saya coba berikan alternatif selain VNC yaitu dengan FreeNX server, dimana memiliki beberapa kelebihan seperti akses yang relatif lebih stabil dan cepat serta yang paling saya suka adalah bisa restore beberapa session login ke server.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk instalasi FreeNX dimana saya menggunakan sistem operasi CentOS 6.5

Langkah 1: Instalasi gnome

Apabila ketika pertama kali anda melakukan instalasi centos dalam bentuk minimal, anda harus tambahkan desktop environment terlebih dahulu, dalam hal ini saya menggunakan gnome.

Langkah 2 : Instalasi FreeNX server

Langkah 3 : Konfigurasi FreeNX Server

ubah konfigurasi pada node.conf

cari baris tulisan ENABLE_PASSDB_AUTHENTICATION dan ubah menjadi

lalu simpan dengan pencet ctrl+O dan keluar dengan ctrl+X

Tambahkan user pada centos

Tambahkan password pada asep

Tambahkan user pada database nxserver

Tambahkan password untuk asep

Restart nxserver

Saat ini komputer linux anda sudah siap untuk di-remote. pada distro linux (linux mint) saya biasa menggunakan remmina sebagai remote desktop client, untuk pengguna windows, anda bisa menggunakan NX Client dari Nomachine atau bisa juga menggunakan OpenNX

Janaan lupa untuk menambahkan key sebagai autentifikasi ke nxserver, key tersebut terdapat di /etc/nxserver/ dengan nama file client.id_dsa.key

asep-nx_001

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment