≡ Menu

Sebuah perjalanan

programmerKadangkala saya sedikit bingung memikirkan diri saya sendiri, sebenarnya apa sih yang saya mau? dalam hal pekerjaan saya diposisikan sebagai seorang software developer dan hal ini memang sudah dari awal saya dipersiapkan untuk bergelut dibidang programming dan database. Tapi entah mengapa tidak ada keinginan untuk menspesialisikan diri saya sebagai seorang programmer, yang mengakibatkan ilmu bahasa pemograman saya masih saja mentah. Saya malah cendengan hanya ingin mencoba-coba dan ngulik hal-hal yang baru seperti pada tahun 2003 ramai sekali orang-orang berbicara tentang .NET besutan microsoft, tapi hanya sampai sebatas bisa membuat aplikasi dan bisa me-maintenance database dan saya tidak menelusuri lebih jauh lagi tentang aplikasi ini, sama halnya ketika saya tertarik unutk belajar php, mysql, debian, bsd, solaris, linux bahkan software-software untuk desain pun saya pelajari dah itu semua hanya sampai pada kulitnya saja (sungguh tragis :P)

Flashback sedikit :D, saya mengenal yang namanya komputer pertama kali sekitar tahun 1996 ketika itu saya masih duduk dikelas 1 sma dimana saya diajarkan beberapa software seperti DOS, WS, lotus dan dBase, dan tentu saja komputernya pun tidak secanggih sekarang, waktu itu hanya menggunakan sebuah komputer dektop yang cpu-nya tiduran (kalo sekarang sudah pada berdiri) itupun memakainya berdua untuk satu pc dan untuk boot ke DOS pun harus menggunkan disket dengan piringan yang besar hal ini sama juga terjadiketika saya mau menjalan sebuah program WS maupun Lotus dan juga dBase.

dosBelajar DOS, WS, dan lotus pada waktu itu sudah sangat canggih buat saya (maklum namanya juga urang dusun), tapi sayangnya belajar komputer hanya sekitar 3 bulanan dan setelah itu selama bertahun-tahun tidak pernah lagi pegang yang namanya komputer sehingga apa-apa yang pernah dipelajari hilang begitu saja. Berbeda sekali sama anak-anak sd, smp apalagi sma saat ini, sejak dini mereka sudah dikenalkan sama yang namanya teknologi informasi dalam hal ini komputer dan tidak ketingalan dengan internet, makanya tidak heran saat ini banyak sekali anak-anak abg sudah bisa membuat sebuah blog sendiri atau bahkan sudah bisa membuat sebuah website yang interaktif dan menarik, kalo jaman saya masih sd atau smp ketika pulang sokolah paling-paling kerjaannya maen layang-layang(antar rw), ngurek di sawah trus ke kebon pokoknya hal-hal yang berbau pegunungan deh.

Akhirnya tahun 1999 saya dinyatakan lulus dari sma dan berhak menyandang gelar lulusan sma, dan hanya satu cita-cita saya setelah lulus sma yaitu kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri di bandung (selain itu no way). Dan untuk mengapai cita-cita tersebut semenjak kelas 3 sma ditambah kelas intensif saya mengikuti bimbingan belajar di sebuah bimbel yang terhitung besar di kota bandung kala itu. Tapi ternyata Alloh berkehendak lain saya gagal dalam test UMPTN (sekarang SPMB kalau tidak salah). Dengan kegagalan ini semangat saya langsung turun drastis apalagi melihat beberapa teman-teman saya dengan langkah penuh semangat memasuk ke tempat kulaih yang meraka idam-idamkan.

Setahun lamanya saya habiskan waktu hanya dengan nongkrong, jalan-jalan, begadang, ngumpul sama teman seperjuangan. Tapi untung saja ada saudara yang mengajak saya untuk kursus bahasa inggris dan saya akhirnya mau juga mengikuti kursus tersebut sampai akhirnya saya mendapatkan sertifikat bahasa inggris dengan level advance (sekarang balelol lagi bahasa araringgisnya karena nga pernah dipake-pake). Pada saat mengikuti kegiatan kursus bahasa inggris, disanalah muncul kembali semangat untuk belajar, dan hanya dengan bermodalkan nekad saya mengikuti lagi kegiatan UMPTN dengan hasil yang membuat hati bersedih kembali.

Walapun hati telah terluka dengan kegagalan kegagalan yang dialami, tapi untunglah masih ada semangat untuk melanjutkan sekolah, dan akhirnya dengan berbagai pertimbangan dan wejangan dari beberapa tokoh, saya daftar disebuah lembaga pendidikan dikota bandung yaitu LP3I yang menawarkan program profesi 2 tahun dengan jaminan kerja (tentu saja bagi yang memehuni syarat) dan pada tahun 2000 saya berjibaku dengan yang namanya komputer, mulai dari sistem informasi, programming, database, web dan lain-lain.

Dan di LP3I ini saya dipersiapkan untuk menjadi seorang programmer, beberapa macam bahasa pemrograman(under DOS dan Windows) saya pelajari seperti FoxPro, Visual Basic, ASP dan juga databse seperti SQL Server dan Access. Saya pun merasa senang sekali belajar bahasa-bahasa pemograman ini. Sekitar tahun 2001 saya mulai tertari dengan yang namanya linux dan beberapa kali saya mengikuti keegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan linux ini sampai-sampai karena saya tidak punya komputer (sampai saat ini masih belum punya) tanpa pikir 2 kali komputer teman menjadi sasaran kelinci percobaan.

Waktu telah lama berlalu dan sampai saat ini setiap kali saya menjadi kuli selalu saja mendapatkan posisi sebagai programmer, walaupun kadang-kadang saya merasa jenuh dengan pekerjaan saya dan sesekali terpikir untuk beralih profesi sebagai seorang direktur, walau bagaimanapun saya harus berusaha selalu tabah menjali kehidupan ini.

gambar:

http://cseserv.engr.scu.edu

http://www.winhistory.de/pics/big/dos.JPG

{ 16 comments… add one }
  • Iqbal February 12, 2007, 5:44 pm

    lagi mencari jati diri di bidang IT yah … lakuin aja yang paling disuka, kalo memang bisa semuanya kenapa tidak ? 😀

  • Kang Asep February 13, 2007, 8:41 pm

    Betul juga sih lakukan apa yang paling disuka, sekarang masalahnya menentukan apa yang paling disuka, ingin hati semuanya bisa dikuasai tapi apa daya banjir telah melanda jakarta (apa siiihh !)

  • MaIDeN February 14, 2007, 8:21 pm

    Orang yang tau sedikit-sedikit (kulitnya saja) tapi merata .. juga diperlukan lho di Perusahaan …
    Kalau “programmer” ya … emang kerjaan spesialis 🙂

  • Jauhari February 15, 2007, 7:54 am

    Semua ada Masanya mas 😀

  • zam February 20, 2007, 10:38 am

    saya juga bekgron pendidikannya ngaiti, tapi kok merasa tetep aja gubluk..

    saya malh lebih suka keluyuran.. 😀

  • Kang Asep February 20, 2007, 11:07 am

    #5 zam: keluyuran memang kerjaan yang mengasikan, keluyuran nyok 😀

  • auliahazza February 20, 2007, 12:47 pm

    kata orang cina kuasailah dari “hulu sampai hilir”

    Sama donk saya juga suka setengah-setengah 😀

  • ReeV February 22, 2007, 7:50 pm

    salam kenal om asep

    LP3I Community Online
    http://www.lp3i-online.com

  • Kang Asep February 22, 2007, 8:10 pm

    #8 salam kenal juga reev 🙂

  • aziz February 28, 2007, 10:09 pm

    manusia itu ga ada yg sempurna
    jadi wajar ga semua bisa di kuasai..

    bersyukur lah dgn apa yg udah loe milik… hehehe.. 🙂

  • asepoge March 19, 2007, 9:04 pm

    sami2 kantos nyobi asp oge, cobian atuh sap oge hehe

  • IK April 15, 2007, 7:44 am

    Wew, bagus banget perjalan Anda. Jadi termotivasi lagi. Anda bener2 orang yang hebat. Aq yang kul di MITEK ampe sekarang blm bisa apa2, hanya sekedar tahu kulit luarnya ja. Terkadang aq salut ma tmn2 cowok yang semangat belajarnya gede bgt, klo aq pas belajar trus ga bisa trus ga da yang ditanyain trus putus asa deh(alias mutung bhs jawa red). Klo dah gitu u/ mulai lagi agak males :d. Beri tips dunk…. Thanks b4

  • ReeV June 1, 2007, 10:42 pm

    ko sama om saya juga begitu. pengen bisa semuanya..Klo om asep masih mending bisa kulitnya klo saya ngga ada yang nyangkut sama sekali :((

  • intan August 16, 2007, 8:42 pm

    bagus juga nech catatannya
    km ahlinya yach?
    boleh du k belajar ma km
    gman nech bisa ga nanya2 ttg asp ma km
    klo boleh thx bgt yach
    can u reply my mesages to my email?

    • Kang Asep August 20, 2007, 1:36 am

      wahhh saya ahlinya apa mba ? ahli tidur dan makan sih iya :d , klo saya bisa ya saya jawab, kalo tidak bisa ya saya nanya lagi sama sudah bisa 🙂

  • marsel February 20, 2009, 6:19 pm

    selain binus centre, kursus pemograman intensif di jakarta dmn yaa?? saya krg info nee…

Leave a Comment

Next post:

Previous post: